Selasa, 28 Oktober 2014

Tokoh Wayang Abiyasa

Tokoh Wayang Abiyasa dikenal pula dengan  nama Resi Wiyasa ( Mahabharata) Ia putra Resi Palasara dan pertapaan Retawu,dengan Dewi Durgandini, putri Prabu Basuketi, raja Wirata. Abiyasa memiliki sitat dan perwaakan ; pandai, sangat cerdas, arif bijaksana alim, soleh, berwibawa, limpad dan linuwih. Ia juga merniliki berbagai keistimewaan antara lain ahli bertapa, ahli nujum, ahli pengobatan( tabib ), banyak memiliki ilmu kesaktian, ahli tatanegara dan tata pemerintahan, Abiyasa juga mendapat  anugrah Dewata berumur panjang. 

Tokoh Wayang Abiyasa

Tokoh Wayang Abiyasa

Untuk mengisi kekosongan tahta kerajaaan Astina karena rneninggalnya Prabu Wicitrawirya, Abiyasa diboyong oleh dewi Durgandini ke Astina dan dijadikan raja dengan gelar Prabu Kresnadwipayana. Dewi Ambika janda Prabu Citragada dan Dewi Ambiki / Ambalika janda Prabu  Wicitrawirya kernudian dikawinkan dengan Abiyasa. Dan perkawinan tersebut Abiyasa memperoleh dua orang putra, yaitu Drestarasta dan Dewi Ambika. dan Pandu dan Dewi Ambiki Abiyasa juga kawin dengan Dewi Datri, penyanyi kidung Weda di pertapaan Srungga, dan berputra Yamawidura. 
Setelah menobatkan Pandu menjadi raja Astina. Abiyasa kembali ke pertapaan Retawu. Abiyasa/Resi Wiyasa juga dikenal sebagai seorang pujangga besar dengan karyanya; Kisah kepahlawanan Mahahharata yang terdiri dari seratus ribu ( 100.000 ) seloka dan dibagi dalam delapan belas (18 ) buku yang dinamakan Parwa.


Abiyasa meninggal setelah berakhimya perang  Bharatayuda, tepatnya satu pekan setelah kelahiran Parikesait. putra Abimanyu dengan Dewi Utari. Ia moksa kembali ke alam Nirwana dengan rnenaiki ‘kereta cahaya” yang dikirimkan oleh Dewata untuk men jemputnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar