Senin, 27 Oktober 2014

Tokoh Wayang Prabu Jayamurcita

Tokoh Wayang Prabu Jayamurcita adalah raja negara Plangkawali. Ia mempunyai adik kandung bernama Jayasemadi yang menjabat patih nagera Plangkawati. Mereka masih keturunan Prabu Kumbala. raja negara Madukara (Iama).

Merasa sangat sakti, Prabu Jayamurcita, mengutus adiknya. patih Jayasemedi pergi ke negara Madukara untuk melamar Dewi Sumbadra. istri Arjuna. Perbuatannya yang lancang tersebut menimbulkan kemarahan Abimanyu, putra tunggal Dewi Sumbadra dengan Arjuna Dengan bantuan saudara sepupunya, Raden Gatotkaca. raja negara Pringgandani. 

Tokoh Wayang Prabu Jayamurcita

Tokoh Wayang Prabu Jayamurcita

Abimanyu menyerang negara Plangklawati. Patih Jayasemedi tewas dalam peperangan melawan Gatotkaca,. sedangkan Prabu Jayarnurcita tewas oleh Abimanyu karena tusukan pusaka keris Pulanggeni.
Sebelum menemui ajalnya, Prabu Jayamurcita menyerahkan kekuasaan negara Plangkawati beserta gelar keprabuannya dan seluruh bala tentaranya kepada Abimanyu. Prabu Jayumurcita kemudian mati moksa. sukmanya manunggal dalam tubuh Abimanyu Sebagi makluk siluman Jarameya dan jurangmeya sangat sakti. 

Sesuai dengan kodratnya. ia hanya bisa disakiti, dikalahkan tetapi tidak bisa mati. Karena itu Jarameya dan Jurangmeya selalu saja muncul dan menganggu para pertapa 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar