Rabu, 19 November 2014

Tokoh Wayang Pandu

PANDU adalah putra Prabu Kresnadwipayana/Bagawan Abiyasa,raja negara Astina dengan permaisuri kedua Dewi  Ambiki/Ambalika,putri Prabu Harmahambara dengan Dewi Swargandini dari negara Kasi.ia mempunyai saudara lain ibu, yaitu ; Drestarasta dan Yamawidura. Ia naik tahta kerajaan Astina menggantikan ayagnya, yang kembali kepertapaan Retawu hidup sebagai Brahmana.

Pandu mempunyai istri 2 (dua) orang. Pertama,Dewi Kunti/Dewi Prita, putra Prabu Basukunti dengan Dewi Dayita, dari negara Mandura,dan berputra tiga orang, yaitu ; Puntadewa, Bima,/Werkudara dan Arjuna. Istri kedua bernama Dewi Madrim, putri Prabu Mandrapati dari negara Mandaraka, dan berputra kembar 2 (dua) orang, yaitu; Pinten/Nakula dan Tansen/Sadewa.
Tokoh Wayang Pandu

Pandu banyak jasanya kepada Dewata dan Suralaya. Ia mendapat anugerah  pusaka Hrudadali, Minyak/Lenga tala dan gelar Dewanata.tapi Pandu melakukan dua kali melanggar ketentuan Dewata.pertama, membangun Taman Kadilengleng istana Astina,dengan mengambil pola Taman Tejamaya di Suralaya tanpa ijin Sanghyang Manikmaya. Kedua, karena menuruti keinginan Dewi Madrim, ia berani meminjam lembi Andini, kendaraan Batara Guru.

Tokoh Wayang Pandu

Pandu meninggal dalam usia muda karena ketukan Resi Kimindana. Dengan amanat bagawan Abiyasa, negara Astina dipercayakan kepada Drestarasta dengan syarat diserahkan kembali kepada putra-putra pandu setelah mereka dewasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar