Selasa, 18 November 2014

Tokoh Wayang PRABU NIRWATAKAWACA



PRABU NIRWATAKAWACA waktu mudanya bernama Arya Nirbata. Ia adalah keturunan dari Prabu Pracona,raja raksasa negara Goabarong yang tewas dalam peperangan melawan Tetuka/Gatotkaca di Suralaya. Karena ketekunannya bertapa Arya Nirbita menjadi sangat sakti. Ia tidak dapat mati bila noktah belang yang berada dilangit-langit mulutnya tidak dikenai senjata.
Tokoh Wayang PRABU NIRWATAKAWACA

 Tokoh Wayang PRABU NIRWATAKAWACA

Arya Nirbita berhasil menjadi raja di negara Manikmantaka dan bergelar Prabu Niwatakawaca. Ia menikah dengan Dewi Sanjiwati dan mempunyai dua orag putra masing-masing bernama : Arya Nilarudraka, yang telah dewasa menjadi raja negara Tegalparang dan Dewi Mustakaweni. Seperti ayahnya, Prabu Pracona, Prabu Niwatakawaca juga ingin memperistri seorang bidadari. Ia kemudian pergi ke Suralaya melamar Dewi Supraba. Ketika lamarannya ditolak, Prabu Niwatakawaca mengamuk menyerang dan mengalahkan para Dewa.

Batara Guru dan Batara Narada turun ke Arcapada untuk meminta bantuan Arjuna yang waktu itu sedang menjadi Brahmana di Goa Mintaraga, Gunung Indrakila bergelar bagawan Ciptaning. Prabu Niwatakawaca akhirnya tewas dalam pertempuran melawan Arjuna setelah noktah belang yang berada di langit-langit mulutnya terkena pusaka panah Pasopati yang dengan bantuan Dewi Supraba dapat mengetahui rahasia hidup mati Prabu Niwatakawaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar